3 Perkara Perkara Penyebab Rejeki Anda Seret Dan Mampet Selamanya

3 Perkara Perkara Penyebab Rejeki Anda Seret Dan Mampet Selamanya – Mengapa beberapa orang dari kita merasa kok sulit sekali mendapat rezeki. Bahkan, rezeki saya rasanya seret banget. Usaha ini itu, tidak juga membuahkan hasil. Pokoknya serba sulit!

Jika hal itu terjadi, maka kita perlu introspeksi diri. Jangan-jangan ada hal-hal yang membuat rezeki kita ditahan oleh Allah hingga sampai akhir hayat pun kita hidup berkesusahan.

Sesungguhnya pada diri setiap manusia, telah ditetapkan bagi mereka rezekinya sejak roh ditiupkan pertama kali ke dalam kandungan ibu. Bermacam-macam tingkatan rezeki setiap manusia. Namun demikian, bukan berarti tidak bisa berubah karena walau bagaimanapun itu adalah hak prerogatif Allah SWT.

Setidaknya ada empat penghambat datangnya rizki yaitu :

1. Berbuat maksiat dalam mencari nafkah

Jaman sekarang jujur itu susah, orang yang ngga jujur aja kadang masih susah dapet duit. Akhirnya demi mencari uang melimpah. Sikut sana sikut sini, kalau perlu pakai dukun atau sewa orang untuk melakukan hal yang tidak-tidak. Ini terang-terangan membuat rezeki kita ditahan oleh Allah. Andaikata kita merasa dapat banyak duit itu semua tidak berkah.

2. Hilangnya rasa tawakal kepada Allah

Kadangkala ketika rezeki kita mulai mengalir, ada rasa bangga dalam diri. Seolah-olah kita merasa bahwa ini semua adalah hasil dari kerja keras dan semangat pantang menyerah yang ada dalam diri kita. Kita merasa super hebat dan luar biasa.

Ketika itu terjadi, maka bersiaplah karena itu adalah titik balik dari tanjakan kesuksesan kita. Dan itulah titik balik dimana kita bukannya naik malah terus meluncur ke bawah.

3. Terlalu banyak dosa

Terlalu banyak dosa akan membuat hati kita tertutup debu. Memupuskan setiap doa yang dipanjatkan ke langit. Bahkan ada seorang Syekh terkenal yang mengatakan bahwa penutup dari pintu rezeki adalah dosa yang terlampau banyak. Sedangkan pembukanya adalah taubat. Jadi kalau Anda merasa rezeki seret, cobalah bercermin dosa apa saja yang sudah Anda perbuat selama ini.

Allah itu adil. Siapa yang berusaha maka pasti akan diberikan hasil. Ada hukum tanam benih tuai hasil. Selama kita usaha, ada hasil dibalik semua itu. Kalau kita tekun pasti berhasil. Tapi kalau tidak berhasil, dosa apa coba yang ada dalam diri kita. Jadi segeralah bertaubat.

Selain  melakukan hal seperti itu, mungkin dari anda juga melakukan hal-hal seperle berikut ini:

  1. Tidur Setelah Subuh

    Kebiasan ini dapat menghambat rejeki Anda karena Waktu setelah shubuh merupakan saat Allah Menurunkan berkahnya, sebagaimana sabda nabi

    “Diberikan barakah kepada ummatku di pagi harinya”

    HR. Abu Dawud at-Thaayalisy dishahihkan Syaikh Alalbani dalam Shahih Jami’ush Shaghir no. 2841.

    “Seusai shalat fajar (subuh) janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki.” (HR. Thabrani)

    Dari apa yang dikayakan nabi tersebut jelaslah Sebaiknya jangan tidur setelah subuh karena waktu itu juga turunya rezeki dan berkah. Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata,

    “Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu mahluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang [makruh] kecuali ada penyebab atau keperluan.” 

    Setelah subuh adalah waktu-waktu yang utama. Para ahli menyebutnya waktu-waktu emas (golden time). Udara pada waktu itu adalah udara terbaik. Waktu-waktu tersebut adalah waktu-waktu di mana energi kita berada pada kekuatan optimal untuk bekerja. Karena itu, jangan menyia-nyiakan waktu setelah subuh.

  2. Memutuskan Silaturahmi

    Allah memberikan dengan cara bergerak dari satu tangan ke tangan lain. Menyambung silaturahmi merupakan salah satu cara agar aliran rezeki yang diberikan Allah melalui tangan orang lain sampai kepada kita. Oleh sebab itu, Apabila Anda memutus satu ikatan silaturahmi sebenarnya Anda sudah menutup satu sumber rezeki yang seharusnya mengalir melalui ikatan silaturahmi tersebut.

    Janganlah memutus silaturahmi. Namun sambunglah silaturahmi sebanyak-banyaknya dengan siapa saja. Karena Anda tidak akan pernah tahu dari silaturahmi yang mana kita akan mendapatkan informasi pekerjaan, jodoh maupun rezeki tidak terduga.

  3. Pelit

    Orang pelit beranggapan bahwa ini harta dia kumpulkan mengapa harus berbagi, kalau berbagi hartaku akan berkurang. faktanya orang tidak akan jatuh miskin karena banyak bersedekah, malahan harta akan bertambah berkaki kali lipat, sebagaimana Allah telah janjikan di dalam Al Quran :

    “Perumpamaan orang yang membelanjakan harta benda mereka dijalan Allah, adalah laksana satu biji yang menumbuhkan tujuh tangkai. Pada setiap tangkai terdapat seratus biji. Dan Allah akan menggandakan (pahala) kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah maha luas lagi maha mengetahui”. (Q.S. Al-Baqarah/2:261)

  4. Zina mata

    Zina mata merupakan hal sepele yang sering kita lakukan, zina jenis ini hukumnya saa dengan seperti zina sesunguhnya. Dan Anda tahu bahwa Dosa zina dapat menghambat dan memutus rejeki Anda, karena dengan melakukan zina amal ibdah anada tidak akan diterima Allah SWT dan akibatnya segala doa da perintaan anda tidak akan didengar oleh Allah.

    Bertaubatlah dari zina mata ini, hindari untuk tidak melihat apa saja yang dilarang oleh Allah SWT dan tundukkan pandangan.

  5. Munafik

    Munafik adalah di antara watak buruk yang paling merusak hubungan sosial kemasyarakatan, relasi kerja, dan jalinan persahabatan di antara sesama. Sifat ini sangat sulit dilacak, tetapi akibatnya bisa sangat terasa dalam kehidupan. Sifat buruk ini adalah pengkhianat, ingkar janji, dan suka berbohong. Dalam kaitannya dengan pekerjaan, dosa ini menjadi penghancur kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

  6. Menahan Hak Orang Lain

    Kita tahu denga sedekah dapat memperlancar rezeki Anda, maka menahan hak orang lain juga dapat menghambat rezeki kita. Hak orang lain yang tertahan dalam rezeki kita itu ibarat benda asing yang menyumbat sumber air. Hal ini akan menghalangi gerak air untuk mengalir lebih lancar. Ketika benda tersebut disingkirkan maka air akan mengalir dengan deras. Itulah perumpamaan hak orang lain dalam rezeki kita.

  7. Tidak Disiplin

    Tidak disiplin adalah kebiasaan yang menghalangi kita untuk bergerak lebih cepat dan tepat. Termasuk dalam menjemput rezeki. Tidak disiplin cenderung membuat anda terburu – buru dalam melakukan pekerjaan dan tidak maksimal dalam mengerjakan segala sesuatu.

  8. Menunda-nunda pekerjaan

    Kebiasaan ini sama artinya dengan menunda-nunda kesuksesan dan itu artinya menunda-nunda rezeki. Ini adalah kebiasaan jelek yang harus dibuang jauh-jauh. Namun, entah mengapa terkadang kita betah untuk memeliharanya. Ayo gunakan waktu semaksimalkan mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  9. Mudah Putus Asa

    Putus asa adalah penyakit orang lemah yang tidak yakin akan pertolongan Allah. Putus asa tidak akan mendatangkan rezeki, justru akan menolak rezeki untuk hadir. Orang putus Asa adalah orang yang putus dari rahmat dan berjah Allah SWT

  10. Tidak sungguh-sungguh

    Bekerja asal-asalan akan menurunkan kredibilitas kita di hadapan atasan, rekan kerja dan orang lain. Kepercayaan orang lain akan menurun ketika kita tidak menunjukkan kesungguhan dalam bekerja. Disammping itu juga Allah akan melihat kesungguhan kita dalam berikhtiar. Ketika kita asal-asalan ya Allah juga menilai kita hanya berhak mendapatkan rezeki yang asal-asalan juga. Namun, ketika kita sungguh-sungguh maka Allah akan memberikan kompensasi yang sepadan dengan itu atau malah lebih besar apabila ditambah dengan rasa syukur kepada-Nya

Tinggalkan semua beberapa hal kecil atau kebiasan negative tersebut diatas karena cenderung membuat rezeki terasa sempit melilit. Ketika menemukan fakta ini dalam kehidupan kita, bersungguh-sungguhlah untuk meninggalkannya. Karena hanya akan membuat rejeki kita seret dan akhirnya hidup anda berasa semakin sulit.