Keutamaan Puasa Senin Kamis Untuk Kekayaan Melimpah

Keutamaan Puasa Senin Kamis Untuk Kekayaan Melimpah – Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis – Semua umat muslim pasti tau amalan puasa sunnah yang disebut puasa senin kamis. Namun banyak juga dari kita yang hanya sekadar tau namanya saja, tidak dengan dasar hukumnya, tata cara mengerjakan, dan niatnya. Banyak juga yang sudah tau dasarnya tapi enggan mengerjakan karena tidak tau seberapa banyaknya manfaat yang bisa diambil dari puasa senin kamis. Apalagi jika kita mengerjakan puasa senin kamis dengan rutin, dan sudah menjadi kebiasaan.p pasti sangatlah banyak manfaatnya.keutamaan dari puasa senin kamis ini adalah meninggikannderajat dan menghapuskan kesalahan atau dosa.

Usman bin zaid mengatakan : “Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

maka untuk memperdalam pengetahuan kita soal Puasa Sunnah Senin Kamis ini simak baik baik penjelasan dibawah ini.

Apa keutamaan Puasa Senin Kamis? Adakah dalil yang membuktikannya?

Senin dan kamis merupakan hari dimana amalan-amalan manusia akan diangkat dan diperiksa di hadapan Allah SWT.

Hal ini didasarkan pada: Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)
Hari Senin merupakan hari dimana Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT.

“Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)
Senin dan kamis adalah hari dimana pintu-pintu surga dibuka

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

Apa saja Manfaat dari mengerjakan puasa senin kamis?

Setiap amalan yang kita kerjakan dihadapan Allah swt. Pasti ada imbalannya, ada balasannya, apalagi puasa senin kamis ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. jadi tidak diragukan lagi seberapa banyak manfaat yang bisa kita ambil. Puasa senin kamis juga tidak hanya membawa manfaat untuk kehidupan akhirat saja, puasa senin kamis juga banyak membawa pengaruh untuk kehidupan didunia, simak bahasan berikut ini:

Melatih diri untuk disiplin

Kenapa puasa senin kamis bisa melatih diri untuk disiplin? Dengan adanya pengaturan untuk berpuasa pada hari senin dan juga hari kamis, akan membuat seseorang menjadi lebih disiplin dalam waktu, mengerjakan sesuatu berdasarkan waktu yang sudah ditentukan. Membawa kita menjadi terbiasa dalam segala hal untuk mengerjakannya tepat pada waktu yang ditentukan.

Membuat jiwa menjadi lebih tenang

membiasakan berpuasa senin kamis akan membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih tenang, orang yang terbiasa puasa senin kamis akan mudah untuk mengontrol diri, menjadi orang yang lebih bersabar dan tidak berpikiran negatif. Puasa senin kamis ini sangat bermanfaat untuk orang yang biasanya selalu dirundungi rasa takut, stres dan depresi untuk lebih menjadi pribadi yang tenang.
Mengencangkan kulit

Nah, manfaat puasa senin kamis bagi wanita yang satu ini adalah jalan sehat untuk yang menginginkan kulitnya kencang dan mengurangi keriput, tidak perlu dengan membeli obat obatan mahal atau pergi ke salon untuk melakukan eprawatan, cukup rutin berpuasa senin kamis.

Menyehatkan tubuh

Kalau manfaat puasa senin kamis yang satu ini berlaku untuk kaum laki-laki juga wanita. Semua orang pasti ingin sehat, namun kadang memilih jalan yang salah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang belum terjamin khasiat dan manfaatnya.

Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fikih Empat Madzhab mengungkapkan: “Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa Senin Kamis, yaitu berpuasa pada setiap hari Senin dan hari Kamis setiap pekannya. Banyak sekali faedah yang akan didapatkan oleh seseorang jika membiasakan diri melakukan puasa sunnah ini, terutama sekali bagi tubuhnya.”

Menurunkan lemak

Banyak yang bilang, ingin hidup sehat, ingin diet sehat, ingin kurus alami, tapi bahan yang dipakai adalah bahan kimia. Padahal sudah terbukti bahwa puasa senin kamis dapat menurunkan lemak dalam tubuh. Ini bisa menjadi salah satu jalan keluar yang sehat untuk orang yang ingin berdiet. Apalagi, semakin banyak lemak dalam tubuh semakin banyak ancaman terserang penyakit.
Bermanfaat untuk mendapatkan jodoh

Ko bisa? karena dengan berpuasa senin kamis ini segala hajat dan keinginan menjadi lebih mudah untuk terpenuhi. lakukan puasa senin kamis dengan rutin

Bagaimana niat puasa senin kamis? apakah ada niat puasa senin kamis untuk jododh secara khusus? atau adakah niat puasa senin kamis untuk kesuksesan?
Tidak ada niat khusus untuk puasa senin kamis dengan tujuan jodoh atau kesuksesan. niat puasa senin kamis nya sama. yakni:
Niat puasa hari senin

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.
Niat puasa hari kamis

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Yang artinya :Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.
Lalu bagaimana doa berbuka puasa pada puasa senin kamis? apakah sama seperti doa berbuka puasa ramadhan?
Untuk doa berbuka puasa senin kamis tetap sama seperti bacaan bebruka puasa pada puasa ramadhan , yang berbunyi:

“Allaahummalakasumtu wabika amantu wa’aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin”
Artinya : “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”
Bolehkah menggabungkan puasa senin kamis dengan membayar hutang puasa? bagaimana niat puasa senin kamis dan puasa qadha atau ganti?

Ada dua pendapat soal masalah ini

Pendapat pertama, ada sebagian ulama yang melarang atau tidak membolehkan menggabungkan puasa sunnah dengan menqadha puasa layaknya puasa ramadhan yang tidak boleh digabung dengan puasa sunnah manapun.

Pendapat kedua, sebagian ulama berpendapat bahwa ini boleh dilakukan, dan berharap orang yang mengerjakannya mendapatkan dua pahala sekaligus, yakni pahala puasa sunnah dan puasa qadha yang dikerjakannya.

Pendapat kedua ini berlandaskan kepada : ”Orang yang melakukan puasa hari arafah, atau puasa hari asyura, dan dia punya tanggungan qadha ramadhan, maka puasanya sah. Dan jika dia meniatkan puasa pada hari itu sekaligus qadha ramadhan, maka dia mendapatkan dua pahala: (1) Pahala puasa arafah, atau pahala puasa Asyura, dan (2) Pahala puasa qadha. Ini untuk puasa sunah mutlak, yang tidak ada hubungannya dengan ramadhan.” (Fatawa as-Shiyam, 438).

berdasarkan dua pendapat diatas yang paling mendekati kebenaramnya dalah pendapat kedua yang memperbolehkan untuk menggabungkan puasa senin kamis dengan puasa ganti kecuali menggabungkan puasa senin kamis dengan puasa 6 hari dibulan Syawal.

Kapan waktu sahur untuk puasa senin kamis?

disunnahkan untuk melaksanakan sahur bagi yang ingin menjalankan puasa. waktu sahur puasa senin kamis yang dianjurkan oleh rasulullah saw. adalah menjelang waktu imsak. dengan tujuan energi yang tersimpan lebih lama untuk beraktifitas. lalu, kapan berakhirnya waktu sahur? berakhir nya waktu sahur adalah saat sudah di ku mandang kan adzan shubuh atau sudah tebrit fajar. hal ini berdasarkan sebuah ayat alquran yang berbunyi: “Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (QS. Al Baqarah: 187)

Nah, semoga dengan pembahasan tentang puasa senin kamis tadi bisa menambah wawasan kita terhadap puasa senin kamis, dan mendorong diri kita untuk rutin melaksanakan puasa senin kamis. semoga bermanfaat.